6 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Para Pemula

Ada cukup banyak jenis bisnis online yang bisa ditekuni oleh siapapun seperti bisnis affiliate, toko online, google Ads, SEO, membuat blog dan yang lainnya. Hampir semua jenis bisnis tersebut menjanjikan keuntungan dan termasuk bisnis yang layak untuk ditekuni oleh siapapun karena memang terbukti mampu memberikan tambahan penghasilan.

Namun pada kenyataannya tidak semua orang mampu memulai bisnis online dengan baik, apalagi bagi para pemula atau mereka yang baru mengenal bisnis online, maka dari itu berikut ini kami bagikan 7 cara memulai bisnis online bagi para pemula.

6 Cara Memulai Bisnis bagi Para Pemula

  1. Pilih Satu Jenis Usaha Dulu

Saat memutuskan untuk menjalankan bisnis online sebaiknya pilih satu jenis usaha dulu, sehingga Anda bisa fokus dan konsentrasi tidak terpecah. Pilih usaha yang bisa segera mendapatkan penghasilan bagi Anda. Bila Anda memiliki naluri dagang yang tinggi maka bisa mencoba sistem dropship terlebih dulu, atau bila Anda suka menulis, jadilah ghost writer terlebih dulu. Hal ini penting untuk bisa mempelajari sistem bisnis online, dan menambah pengalaman bila suatu saat ingin benar-benar serius membuka toko online pribadi atau membuat blog atau website sendiri.

  1. Pilih Produk atau jasa yang Anda pahami dengan baik

Bisnis online sebenarnya hampir mirip dengan bisnis konvensional, hanya saja proses pemasarannya bersifat digital, sehingga dapat lebih menghemat waktu dan tenaga. Dalam memulai usaha sebaiknya pilih produk yang akan Anda jual dengan tepat, pastikan produk atau jasa tersebut benar-benar Anda pahami, jangan pernah menjual produk atau jasa yang tidak Anda kuasai. Terus pelajari dan tambah pengetahuan Anda tentang produk atau jasa yang Anda jual.

  1. Bergabung di Marketplace

Setelah menentukan produk yang akan Anda pasarkan, maka segeralah menjualnya dengan cara bergabung dengan situs Markeplace populer yang tersedia. Cara ini paling mudah untuk memperkenalkan produk Anda.

  1. Buat Toko Online

Bila ternyata produk atau jasa Anda mampu diterima oleh konsumen, maka tidak ada salahya untuk membuat toko online pribadi atau blog pribadi agar Anda bisa menjual lebih banyak jenis produk dan jasa, meningkatkan kredibilitas produk dan jasa Anda, serta menunjukkan tingkat profesionalitas bisnis online yang Anda jalankan.

  1. Promosi

pada masa awal membangun bisnis online disamping fokus dalam berjualan, sebaiknya lakukan juga upaya promosi atau pemasaran baik dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook ataupun dengan menggunakan optimasi SEO. Jadi gunakanlah media internet sebagai alat dan prasarana untuk memasarkan produk atau jasa Anda dan memperluas jaringan.

  1. Bangun Aset

Meskipun disebut bisnis online namun sebaiknya mindset Anda tetaplah membangun aset, baik itu bersifat untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan produksi ataupun membangun aset pribadi. Karena semakin banyak produk yang bisa Anda hasilkan maka semakin besar keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Semoga uraian diatas dapat membantu Anda yang mungkin sedang berencana untuk menjalankan bisnis online namun masih ragu untuk memulainya.

No Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *